DjieSoft, All About Source Code


This is about programming, information technology, computers, source code, program, application and more ...
_______________________________________________________________________________{FOR EDUCATION}
Search in djiesoft

Search with Google

1.Banyak Web/Blog Lain Yang Meng-COPY Sebagian/Seluruh Content/Isi Blog DJIESOFT. BE CAREFUL !!!
2.Beberapa LINK DJIESOFT ada yang Broken karena TUSFILES menghapus file yang sudah lama/expired (1 Year).
3.Please report broken link to be re-Uploaded !

Selasa, 16 Oktober 2012

Cara Install Visual basic 6 di Windows 7 (Compatibility)

Sebenarnya Visual Basic 6 ini diproduksi tahun 1998 dan untuk windows 98, tetapi hebatnya sampai sekarang tahun 2012 dan sudah jamannya windows 8 masih saja banyak penggemarnya. Namun sayang VB6 ini sudah tidak di support lagi sejak Windows7, sehingga waktu anda menginstal di Windows7 akan muncul warning/peringatan seperti dibawah ini :
Tetapi anda tidak perlu khawatir, anda cukup menekan "Run Program" untuk melanjutkan instalasi-nya. Setelah instalasi berhasil ada beberapa konfigurasi  yang harus dilakukan agar VB6 benar2 Run Well di Windows7, yaitu dengan mengubah setting compability-nya ke Windows7. Caranya adalah :
1.Buka folder C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VB98
2.Klik Kanan di VB6.EXE, pilih Properties , pilih Compability, Pilih/Checklish "Run this program in compability mode for :" lalu pilih Windows7, lalu OK

Selanjutnya, saya biasa melengkapi OCX yang TIDAK terinstal secara otomatis saat penginstalan VB6, caranya adalah : 
Buka folder master instalasi VB6 dan menuju folder ini :
...\Microsoft Visual Basic 6.0 Professional\COMMON\TOOLS\VB\CONTROLS\
Lalu copy semua file OCX yang ada disana (lihat dibawah ini) ke C:\Windows\System32\
ANIBTN32.ocx
DBGRID32.ocx
GAUGE32.ocx
GRAPH32.ocx
GRID32.ocx
KEYSTA32.ocx
MSCHART.ocx
MSOUTL32.ocx
SPIN32.ocx
THREED32.ocx

Lalu Jalankan (double click) .Reg componen pada folder tersebut  (...\Microsoft Visual Basic 6.0 Professional\COMMON\TOOLS\VB\CONTROLS\)
DBGRID.reg
MSCHART.reg
VBCTRLS.reg

Setelah itu anda instal Update Service Pack 6 (SP6) dan Update Cumulative SP6 untuk lebih menyempurnakan lagi VB6 anda. Jika ada masih penasaran , anda boleh jalankan setting compability seperti diatas untuk yang kedua kalinya. Selanjutnya HAPPY CODING !!!!

Tags:
 instalasi vb6 di win7, cara instal vb6 di win seven, vb6 tidak support windows7, vb6 error di windows 7, agar vb6 berjalan baik di windows7

Related Post:

73 komentar:

  1. mas bisa upload kan gak file yang ada didalam \Microsoft Visual Basic 6.0 Professional\COMMON\TOOLS\VB\CONTROLS\ saya gak punya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada email ga? biar cepet nnti saya kirim ...

      Hapus
    2. viavia940@ymail.com itu kak email saya
      :)

      Hapus
    3. Silahkan Download semua file OCX di http://adf.ly/pOppm

      Hapus
  2. viavia940@ymail.com itu kak email saya
    :)

    BalasHapus
  3. gan, instal service pack 6 dan cumulative sp6nya ditaruh mna ya? kok aku instal prosesnya gagal trus. mhon pencerahanya. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm error nya apa ya?
      coba run as administrator

      Hapus
  4. KK ... File ocx nya itu mana ....
    sya minta tolong kirimkanke email saya mas yaaaa butuh banget buat kuliah mas ...
    terima kasih mas yaa
    ini email saya
    tubagusherlangga@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. gan, kirimin file ocx jg ya gan
    ni email ny enda_84@yahoo.co.id
    tq gan....

    BalasHapus
  6. sy barusan belajar VB6 dan coba bikin project database dengan access
    ini project pertama sy, setelah berhasil di package & Deploy baik menggunakan bawaan VB
    ataupun dengan innosetup tetap program tidak mau jalan..selalu muncul peringatan
    seperti ini "You don't have an appropriate license to use this functionality"
    kenapa begitu ya..?? kira2 salah di mana...
    mohon bantuaanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas pake komponen apa aja? kemungkinan ada salah satu komponen yg masih TRIAL atau belum teregistrasi atau license di regestri nya udah kehapus

      Hapus
  7. Gan †ªü gk carax untuk menampilkan huruf hiragana ato hangul d'listview vb 6 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, di komputer mas udah ada font hiragana nya? nnti tinggal set aja property font di listivew nya (ubah font listivew ke hiragana)

      Hapus
  8. Mas klo pas installasi ada bacaan "the installation wizard has encoutered a critical error during installation" itu kenapa ya mas..?mohon pencerahannya..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, saya blm pernah mengalami hal itu
      karena setiap instalasi lancar2 saja
      maaf mas,, saya kurang tahu

      Hapus
  9. Gan, tutorial di atas bisa untuk instalasi vb 6 di win 8 pro 64 bit ga?????/

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya blm cob adi windows 8 mas..
      perlu "explorasi", tapi klo win7 32/64 saya udah coba, ok

      Hapus
  10. saya juga minta dong file .OCX nya..
    email: marden.umela@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Terimakasih...
      sudah mendarat file.ocx nya ..di email saya

      Hapus
  11. mas panji ada gk source code virtual machine vb6/vb.net kalo ada kirim ke email saya
    serahloeya@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. source code virtual machine ...? wah itu jarang jarang..

      atau maksudnya
      cara instal vb di virtual machine ?

      Hapus
  12. bukan. contohnya virtual machine dari c++ ada namanya bochs

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm saya masih blm ngeh...
      virtual machine gmana maksudnya ? tahuknya kita bersebrangan hehehe

      Hapus
  13. Aris Sulistyardi22 April 2013 08.08

    mas Panji tlg saya juga dikirmi file OCX nya
    ini email saya : aris.asaku@gmail.com

    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aris Sulistyardi24 April 2013 07.50

      terima kasih...
      oh ya mas Panji, kalo di VB6 saya biasa pake XpdfViewer untuk explorasi File PDF. tapi seringnya hanya untuk melihat saja, bisa zoom.
      Nah kalo di VB net pake apa yah ?
      tlg dong kasih sedikit tutorial menampilkan PDF di vb Net...kayak di VB 6.
      Trims....
      maaf satu lagi....kalo mau print direct ke printer itu pake apa ya? kalo di vb6 khan sudah cukup mudah, tapi kalo pake VB net saya belum pernah, krn slalu pake crystal report....
      sekian dulu.. entar lain waktu saya sambung lagi..
      terima kasih.....

      Hapus
    2. open pdf :
      http://djiesoft.blogspot.com/2013/04/membuat-pdfviewer-open-pdf-dengan.html

      print direct via CR :
      tetap seperti biasa, data di tampilkan dulu ke CRPreview, trus pake sintak ini:
      CrystalReportViewer1.PrintReport

      hide (visible=false) saja jika tidak ingin tampil CRPreveiewnya

      Hapus
  14. mas, disaya untuk compatibility nya tidak ada menu untuk windows 7, itu kenapa kira2 ya??
    tks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm harusnya sih muncul om..
      ada di properties nya

      Hapus
    2. ada solusi ga mas kira2 harus gmn????
      selain itu juga ada tulisan erorr registry OLE pada saat menjalan aplikasi.
      knp itu kira mas? mohon pencerahannya :D

      Hapus
    3. btw, itu master VB6 installer nya dari blog ini
      atau punya mas sendiri ?

      Hapus
  15. pagi gan tolong pencerahan'a sama ky purwa alam compatible untuk win 7 gmn tuh..sekalian mint kirim file OCX ezelezaaat@gmail.com

    BalasHapus
  16. gan minta juga file OCX'nya arifXpanji@yahoo.com....

    Makasih sebelumnya....

    BalasHapus
  17. mas saya juga minta file ocx-nya slavecool25@gmail.com...

    BalasHapus
  18. alow mas, kata temen saya kalo di Windows 7 VB6 exenya jalan tapi kadang2 sering ERROR begitu, akhirnya mereka & saya pun pada pake WinXp Mode..

    kalau boleh saya juga mau minta *.ocx nya juga mas ? (mohon di email ke willykk81@yahoo.co.id ) ? itung2 nambah skill heheh, terima kasih banyak

    BalasHapus
  19. mas file ocx nya jga dong
    obinktorreto@gmail.com
    di tunggu mas,pnting soalnya :)

    BalasHapus
  20. mas saya mnta tolong dikirimkan file ocx-nya, lagi muli belajar coding lg, bisa dikirim ke rezaputranugraha@gmail.com
    trims. :)

    BalasHapus
  21. mas bisa upload kan gak file yang ada didalam \Microsoft Visual Basic 6.0 Professional\COMMON\TOOLS\VB\CONTROLS\ saya gak punya ni mas ke email saya cua.harago@gmail.com

    BalasHapus
  22. Thanks Mas Bro. Blog ini sangat bermanfaat. tapi sy mengalami kendala dalam mengistalnya. contohnya pada langkah ke-2 di atas yaitu: 2.Klik Kanan di VB6.EXE, pilih Properties , pilih Compability, Pilih/Checklish "Run this program in compability mode for :" lalu pilih Windows7, lalu OK. namun di komputer saya yang pake Windows 7 tidak ada pilihan Windows 7 nya. bagaimana cara menampilkan Windows 7.

    BalasHapus
    Balasan
    1. win7 sp1 ga?
      hmm g pap klo ga ada..
      run aja vb6 nya

      Hapus
  23. wkwkwk ane smpe pusing ternyata harus ada file ocx nya tolong minta y mas
    Email harikgaluh@gmail.com di tunggu selaLu

    BalasHapus
  24. gan, bagaimana cara mengatasi ketidak cocokan bit antara windows 7 64bit dengan dbgrid32bit.?
    mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya blm pernah coba untuk dbgrid32bit nya..

      Hapus
  25. saya juga minta donk file .ocx nya
    email : widyandi1995@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. download di http://adf.ly/pOppm

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Semua File OCX VB6 bisa didownload di http://adf.ly/pOppm
    dan untuk meregistri bisa didownload di http://adf.ly/pOq6q

    Maaf 2 komentar sebelumnya saya hapus kembali karena dibuat link hidup secara langsung tidak bisa di blog ini. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  29. Mas uplod ulang dong file OCX nya, jgn lewat zidu, kagak jelas itu, ga bisa donlot,

    BalasHapus
  30. mas panji, ocx.y dong di arung.palakka@ymail.com

    BalasHapus
  31. Mas Update Service Pack 6 (SP6) dan Update Cumulative SP6 itu gunaanya untuk apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk update VB6 nya..
      agar bisa RUN di windows7 atau 8

      Hapus
    2. ok mas trimakasih ..
      tapi saya tidak menemukan RUN win 7 atau 8.
      untuk masalah itu kita lupakan.

      mas kenapa VB6 klo di win 7 beda seperti di xp,
      klo di win 7 itu, contohnya gini , klo pas memindahkan text box itu suka ada bayangan ..
      mungkin bisa di katakan lemot.
      mungkin mas bisa bantu ..

      Hapus
    3. maksunya nnti si EXE yg dibuat di VB6 bisa run well di win7/8

      saya juga mengalami hal yg sama, terasa berat dan parahnya tidak bia gunakan crystal report component

      kenapa ga vbnet aja mas ?

      Hapus
  32. hehe ..
    kirain VB6.EXE nya yang di run win 7.

    sama juga ya mas, mungkin vb6 kelemahan di win 7 seperti itu kali ya , hehe

    vb6 baru bisa di katakan stengah bisa , masih harus banyak belajar , apalagi di db nya ..

    kuasai satu - satu dulu mas klo saya, baru pindah ke yang lain .

    oia mas klo berkenang bisa bikinin saya aplikasi sederhana, aplikasi penyimpan password, passti menggunakan db iya kan :D
    mas bisa lihat gambarnya di https:// www. facebook com/photo.php?fbid=693889250719093&set=a.421791224595565.1073741826.100002940721620&type=1&theater

    contohnya sperti gambar itu lah

    yang buatan saya itu kendalanya gk bisa duplikat text di db nya.
    minta bantuannya biar bisa duplikat text
    mas pasti bisa menyimpulan apa yang saya maksud..

    BalasHapus
  33. ya ada fanspage nya ya mas .
    ya udah di kirim lewat fb mas aja ya ..

    BalasHapus