DjieSoft, All About Source Code


This is about programming, information technology, computers, source code, program, application and more ...
_______________________________________________________________________________{FOR EDUCATION}
Search in djiesoft

Search with Google

1.Banyak Web/Blog Lain Yang Meng-COPY Sebagian/Seluruh Content/Isi Blog DJIESOFT. BE CAREFUL !!!
2.Beberapa LINK DJIESOFT ada yang Broken karena TUSFILES menghapus file yang sudah lama/expired (1 Year).
3.Please report broken link to be re-Uploaded !

Rabu, 19 September 2012

Membuat Menu Klik Kanan (Right Click Menu) Pada Object Tertentu VBNET

Biasanya untuk yang baru belajar VBNET (migrasi dari VB6) akan sedikit kebingungan saat akan menambahkan sintak "PopupMenu Menu_Name" VB6 di VBNET. Intinya ada dua jenis menu di VBNET yaitu : MenuStrip dan ContexMenuStrip. Secara singkat perbedaanya adalah MenuStrip adalah Menu seperti biasa kita gunakan di VB6, sedangkan ContexMenuStrip adalah Menu khusus untuk "PopupMenu" untuk di tempatkan pada object2 tertentu. Misalnya saya mau menambahkan Menu Klik Kanan pada Listview, maka caranya adalah Tambahakan Object ContexMenuStrip, kemudian edit/tambah submenu-nya, seperti gambar dibawah ini:
Kemudian set property ContexMenuStrip pada listview tersebut, bisa melalui jendela properties ataupun secara sintak , contoh : ListView1.ContextMenuStrip = ContextMenuStrip1 . Begitupun untuk object object yang lainya yang memiliki property ContexMenuStrip, contoh pada Button : Button1.ContextMenuStrip = ContextMenuStrip2

Tags:
Cara membuat pesan klik kanan pada form,Menampilkan menu pada form dengan klik kanan pada VB.Net, add right click menu to listview or object, cara tambah menu klik kanan pada listview datagridview, add menu cut copy paste saat klik kanan pada textbox

Related Post:

12 komentar:

  1. Wah makasih gan infonya! menambah pengetahuan saya

    BalasHapus
  2. mas, kalau gak keberatan saya mau tanya ? dan kebetulan saya kepingin sekali belajar mengenai VB tapi saya belum tau bagaimana cara menjalankan program VB tapi saya punya ide, apakah bisa sebuah program yang sudah jadi kita edit lagi dan kita tambahi scripsi yang nantinya kalau program itu di jalankan yang muncul pertama kali ada peringatan masukan ID atau sejenisnya, kira2 bisa apa gak ya ? trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan budim jangan sungkan untuk bertanya..
      hmm , program yg sudah jadi masih bisa diedit jika masih ada source codenya (project vb6) nya, klo hanya file.exe nya aja susah ngebongkarnya gimana,,
      (tp mas boleh coba pake VB Decomiler)

      Hapus
  3. ane kagag ngerti yg gituan bang hhe
    nice info deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe mas aldio bisa belajar klo mau...
      thanks

      Hapus
  4. makasih gan atas ilmu nya, smga bsa brmanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  5. bang bisa bantu saya membuat softwere pabrik di lengkapi data pesan + Ke uangan dan admin dengan Server Client Data basi Cukup di Server Ms Accesss Dan di sertai Data Chatting Pergudangan Log History ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas tawaran job nya
      tapi maaf saat ini saya sedang banyak project

      Hapus